The hottest news from everywhere for everyone!

Alutsista Terbaru TNI AU Siap Kawal Kedaulatan Udara Nasional

JAKARTA, jurnal-idn.com – Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M. mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si menghadiri penyerahan delapan unit helikopter angkut berat H255M dan satu unit H255M full flight simulator dari Menhan RI kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Lanud Atang Sendjaja Bogor, Jumat (1/12/2023).

Helikopter H225M ini merupakan produk kerjasama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters. Kedelapan helikopter tersebut dikirimkan secara bertahap, sejak dikirimkannya unit pertama pada tanggal 14 September 2023 dari Apron Hanggar Rotary Wing PTDI.

H225M dikenal sebagai helikopter yang aman, andal, kuat dan serbaguna yang mampu melaksanakan berbagai misi seperti  operasi khusus, SAR, evakuasi medis, pengawasan maritim, dan bantuan tembakan dari udara. H225M juga dilengkapi dengan sistem persenjataan yang memungkinkannya untuk menangani semua jenis skenario operasi, baik dalam konflik konvensional maupun asimetris.

Pesawat helikopter angkut berat H255M merupakan perkuatan bagi TNI AU khususnya Skadron Udara 8 Wing 4 Pangkalan Udara Atang Sendjaja Bogor.

Penduduk Keempat Terbesar

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan bahwa, Indonesia adalah negara yang besar dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia, ekonomi termasuk ke-16 besar dan luas wilayah yang sama dengan Eropa, memerlukan Alutsista sarana pertahanan yang harus mampu mengawal kedaulatan bangsa dan negara dan itu tidaklah murah. “Ada yang mengatakan pertahanan itu mahal, kemerdekaan itu mahal, kedaulatan itu mahal, kita mau jadi negara yang merdeka itu mahal, mau jadi negara terhormat itu mahal,” ujarnya.

Indonesia harus punya Angkatan Udara yang handal dan unggul, sebagai alat pertahanan negara dan bukan untuk melakukan agresi ke negara lain. “Bukan mau gagah-gagahan atau mengancam siapapun, kita ingin damai dan tetap merdeka, kalau kita ingin damai harus siap untuk perang itu adalah hukum sejarah,” pungkasnya.

Turut hadir di antaranya Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Marsda TNI Yusuf Jauhari, pejabat lain di lingkungan kementerian, Mabes TNI dan Mabesau.

#tniprima

#tnipatriotnkri

#nkrihargamati

#tnikuatrakyatbermartabat

 Kabidpenum Puspen TNI – Kalpin Sitepu

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan pengunaan helikopter angkut berat H255M. Foto: Kabidpenum Puspen TNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *