Baru Dibangun 5 Tahun: Stadion Baseball GBK Rusak, LSM Olahraga Minta Cagar Budaya Dirawat

JAKARTA, jurnal-idn.com – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Olahraga Indonesia, Mike Wangge meminta Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) memberi perhatian lebih terhadap perawatan semua fasilitas olahraga yang dibangun di kawasan GBK.

“Kerusakan sebagaimana yang terjadi pada stadion lapangan Baseball adalah bukti bahwa PPKGBK tidak serius memelihara aset negara yang kini sudah menjadi kawasan heritage. Kawasan itu telah menjadi kawasan cagar budaya yang harus dilindungi dan dipelihara sebaik-baiknya yang ditugaskan oleh negara sebagai pengelola,” ungkap Mike Wangge melalui keterangan tertulis, Jumat(17/11/2023).

Dikatakan, ketika itu dalam rangka Asian Games 2018 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan enam arena olahraga di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) sebagai cagar budaya untuk menyambut pelaksanaan Asian Games XVIII 2018.

Beberapa arena olahraga yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya antara lain Stadion Tenis, Aquatic atau Stadion Renang, Istora Senayan, Stadion Madya, Stadion Basket serta Stadion Utama.

‘Karena itu kami meminta kepada pihak pengelola untuk tidak menutup mata terhadap kerusakan sarana yang terjadi dan segera melakukan perbaikan demi menjaga pelestarian kawasan yang menjadi cagar budaya ini,” tandasnya.

Baseball Diamond

Seperti dikutip dari laman website Gelora Bung Karno, Stadion Baseball GBK sudah menggunakan standar internasional (baseball diamond) dengan base yang terletak pada tiga sudut dan jarak antara base yang satu dengan base lainnya adalah 27.432 meter (90 kaki).

Panjang setiap sisinya 16,76 m. Jenis rumput yang digunakan untuk lapangan baseball adalah rumput alam, Zoysia japonica, rumput alam terbaik berstandar internasional. Stadion Baseball juga mengakomodir olahraga lain seperti mini soccer dan cricket. Dan dapat juga digunakan untuk kebutuhan event outdoor seperti wedding.

Kapasitas tribun lapangan ini pun mencapai 198 flip up kursi dan 1122 kursi. Pembangunan Stadion Baseball ini membongkar sekitar 20 lapangan tenis yang memiliki historis di Kawasan Gelora Bung Karno dan tinggal menyisakan dua lapangan utama (center court) dan satu lapangan tenis indoor.

Seiring berjalannya waktu, kondisi Stadion Baseball mulai terbengkalai, beberapa fasilitas mulai rusak. Di antaranya, plafon Stadion yang mulai rapuh. Plafon Stadion terlihat copot dan terlihat kerangka besinya saja dan terkesan tidak dirawat.

Anto

Bangunan Stadion Baseball yang rusak. Foto: Anto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *