BPK Penabur Gelar Festival Catur, Percasi: Ini Gebrakan Luar Biasa

JAKARTA, jurnal-idn.com – Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB. Percasi) Ir Eka Putra Wirya mengapresiasi yayasan pendidikan BPK Penabur atas komitmen dan konsistensinya menggelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional (FCPTN) untuk kali ketiga secara beruntun.

Menurut Eka Putra, pelaksanaan festival catur ini, menunjukan BPK Penabur tidak pernah berhenti berkreasi, berinovasi, berkontribusi membangun karakter unggul anak bangsa di berbagai bidang, termasuk olahraga catur.

“Festival catur BPK Penabur ini akan tercatat dalam Rekor MURI. Ini gebrakan dalam olahraga catur. Percasi sangat bangga dengan pelaksanaan acara ini,” kata Eka dalam konferensi Pers FCPTN 2023 di BPK Penabur, Kelapa Gading, Rabu (30/8/2023) siang.

Rencananya Festival Catur Pelajar ini akan dibuka pada 2 September 2023, di SPK BPK Penabur Tanjung Duren oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo dan Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto.

“Menggelar festival secara nasional tentu tidak mudah. Percasi akan mendukung agar acara ini sukses, bahkan memberikan kesempatan bagi para juara mewakili Indonesia ke event catur Internasional, ” ujar Eka.

Acara juga akan dimeriahkan siswa/i BPK Penabur dari Kota Bandung, Jakarta dan Serang dengan mementaskan sendratari, modern dance, penyanyi solo, Choir dan pantomim tentang catur.

“Hadir juga motivator kondang Ms. Merry Riana yang akan membakar semangat para pelajar kaum generasi muda,” kata Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur.

Seluruh Indonesia

Festival Catur kali ini juga mengundang partisipasi dari sekolah di seluruh Indonesia, dengan total peserta diharapkan mencapai lebih dari 1.400 pelajar.

Pertandingan akan dilaksanakan di empat kota Bandar Lampung, Bandung, Cirebon dan Jakarta dengan enam Veneu. Yakni Kompleks BPK Penabur Panjaitan Bandar Lampung, Kompleks BPK Penabur Holis Bandung, Kompleks SMAK 1 BPK Penabur Bandung, Kompleks BPK Penabur Cipto, Cirebon, Kompleks SMAK 1 BPK Penabur Jakarta dan Kompleks BPK Penabur Harapan Indah, Jakarta.

Pelaksanaannya akan dilakukan secara onside secara bersamaan, dalam delapan kategori yang terdiri dari TK Putra/Putri, SD Putra/Putri, SMP Putra/Putri dan SMA Putra/putri.  Finalnya akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023, yaitu di Komplek SMAK 1 BPK Penabur Jakarta.

“Kami mengharapkan ajang ini adalah upaya memasyarakatkan catur sebagai bentuk pengembangan karakter bangsa, membangun semangat kebersamaan serta sportivitas para pelajar Indonesia dan sebagai sarana sharing ilmu dan bertukar pengalaman di antara pelajar,” jelas Adri.

Mendapat dukungan penuh dari PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), festival ini menunjukkan tingginya kualitas pertandingan serta meningkatkan kualitas kompetisi serta memberikan peluang lebih besar bagi pelajar untuk mendapatkan pengalaman yang berharga.

“Kami ingin setiap pelajar yang datang ke festival ini mendapatkan pengalaman yang holistik, tidak hanya dari sisi bermain catur tetapi juga pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka bawa pulang,” tutup Adri.

Anto

Eka Putra Wirya: Festival catur BPK Penabur ini akan tercatat dalam Rekor MURI. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *