The hottest news from everywhere for everyone!

Diajeng Juara dan Cecilia Peringkat Ketiga Kejuaraan Junior Asia Timur 2023

KINABALU, jurnal-idn.com – Pecatur putri Indonesia Women FIDE Master (WFM) Diajeng Teresa Singgih sukses merebut gelar juara pada Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Pada pertandingan sembilan babak yang berakhir Jumat (8/12/2023), Diajeng meraih 7,5 VP dari hasil 7 kemenangan, sekali seri dan dua kekalahan.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianis Liem menyebut keberhasilan Diajeng meraih kemenangan atas Ma Elayza dari Filipina tidak terlepas dari keberkahan kekalahan rekan senegaranya WCM Cecilia Natalie Liuviann dari pecatur tuan rumah WCM Chia Jia-Tien.

“Disebut berkah karena nilai tie-break pertama head to head yang menguntungkan pecatur Mongolia WFM Boldbaatar Altantuya tidak berlaku lagi. Nilai tie-break kedua Buchholz yang kini berlaku dan di sini Diajeng unggul setengah poin (45 banding 44,5),” kata Kristianus Liem yang mendampingi pecatur Indonesia.

Dengan hasil tersebut, Altantuya dan Diajeng sama membukukan 7½ poin dari 9 babak. Diajeng keluar sebagai juara dan langsung mendapat gelar Women International Master (WIM) dan satu Norma Women Grandmaster (WGM). Sedangkan Cecilia yang kalah tetap bertahan di peringkat 3 dengan 6½ VP.

“Women FIDE Master”

“Bukan hanya menempati peringkat ketiga, Cecilia juga diganjar gelar Women FIDE Master (WFM) langsung,” tegasnya.

Hasil menggembirakan juga diraih pecatur putra, IM Aditya Bagus Arfan. Usai mengalahkan pecatur tuan rumah Nirish Kumar Siva Kumar, Adit, panggilan akrabnya, menempati peringkat ketiga dengan membukukan 7 VP.

Gelar juara direbut IM Daniel Quizon dari Filipina dan peringkat kedua ditempati FM Munkdalai Amilal dari Mongolia yang ditahan remis pecatur Pelatnas Junior Indonesia CM Fabian Glen Mariano. Keduanya membukukan 7½ VP. Sementara Fabian yang mengumpulkan 6½ VP berada di peringkat 4.

Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 ini diikuti 39 pecatur putra dari 8 negara dan 21 pecatur putri dari 10 negara.

Anto

WFM Diajeng Teresa Singgih (kanan) mengangkat trophy juaranya bersama WCM Cecilia Natalie Liuviann juara ketiga. Foto: Kristianus Liem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *