The hottest news from everywhere for everyone!

IBL Jalin Kerjasama Dengan Liga Basket Jepang

JAKARTA, jurnal-idn.com – IBL menggandeng pengelola kompetisi basket Liga Jepang atau B League untuk memajukan kompetisi IBL musim 2024. IBL menjalin kerjasama dengan B League Jepang ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama Indonesia Basketbal League (IBL), Junas Miradiarsyah dengan Chairman B League Jepang, Shinji Shimada.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan pada acara konfereni perss yang digelar di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Selasa 5 Desember 2023. Pada kesempatan itu hadir dua pemain Indonesia yakni Abraham Damar Grahita dan Brandon Jawato yang pernah tampil di kompetisi basket B League Jepang.

Menurut Junas, IBL bekerjasama dengan B-League Jepang untuk berbagi ilmu format penyelenggaraan pertandingan kandang dan tandang. Hal ini dilakukan karena dimusim kompetisi IBL 2024 akan digunakan format pertandingan kandang dan tandang atau home and away. Sementara untuk tenggang waktu kerjasama IBL dan B League dalam jangka panjang.

“Kerjasama dengan pengelola B League Jepang ini dilakukan dalam jangka panjang dengan durasi pertama selama 5 tahun, tapi kita tentunya melihat juga 10 tahun ke depan karena membangun bisnis ini kan tidak dalam waktu satu dua tahun saja. Perlu blue print yang panjang,” kata Junas.

Sementara itu Damar Grahita yang sudah merasakan ketatnya persaingan antara tim peserta kompetisi B League senang, IBL akhirnya menerapkan sistim kompetisi home and away.

“Akan Lebih Seru”

“Sebetulnya ini format yang menarik karena game-game-nya menurut saya akan lebih seru. Setiap tim pasti harus menyiapkan untuk fokus satu minggu menghadapi tim A, jadi kita benea-benar fokus jadi plan-nya, cara menjaga pemainnya benar-benar dipersiapkan dengan baik,” tutur Abraham Damar Grahita.

Sebagai pemain harus lebih profesional dan harus menjaga badan serta kondisi fisiknya lebih baik lagi karena jadwalnya akan jauh lebih padat dengan sistim home and away atau kandang dan tandang setiap akhir pekan.
Para pemain juga harus menyiapkan kondisi fisik serta strategi yang akan diterapkan untuk menghadapi lawan di pertengahan minggu.

Damar menyambut baik format home and away IBL 2024 karena mereka akan bertanding di depan suporternya sendiri saat main kandang dan mendapatkan tekanan mental yang lebih berat dari suporter tim lawan saat main di kandang lawan.

Direktur IBL, Junas Miradiarsyah menyebut pihaknya perlu melakukan persiapan optimal sebelum menerapkan format kandang dan tandang di musim kompetisi IBL 2024. Format kandang dan tandang sebelumnya sudah dicoba digelar pada IBL 2019 silam. Namun, pada IBL 2020, kompetisi harus dihentikan akibat pandemi Covid-19, sehingga baru bisa dijalankan dengan sistem gelembung dua tahun terakhir.

Anto

 

MoU antara Direktur Utama Indonesia Basketbal League (IBL), Junas Miradiarsyah dengan Chairman B League Jepang, Shinji Shimada. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *