The hottest news from everywhere for everyone!

Japfa dan Percasi Semarakkan Akhir Tahun Dengan Japfa Year End Chess Tournament

JAKARTA, jurnal-idn.com – Japfa berkolaborasi dengan Percasi kembali menyemarakkan akhir tahun dengan Japfa Year End Chess Tournament. Perhelatan akhir tahun ini menjadi penutup bagi rangkaian kegiatan dan kompetisi catur yang dilaksanakan klub itu sepanjang tahun 2023.

“Japfa Year End Tournament mempertandingkan catur cepat agar mendorong antusiasme pecatur kita. Pasalnya catur cepat merupakan salah satu kemampuan terbaik yang dimiliki pecatur Indonesia,” ujar GM Utut Adianto, Ketua Umum PB Percasi.

“Pertandingan di penghujung tahun kali ini merupakan penutup dari rangkaian kolaborasi luar biasa dengan Japfa sepanjang tahun 2023,” imbuhnya.

GM Utut Adianto mencatat sepanjang tahun 2023, Japfa telah berkolaborasi dengan Percasi setidaknya melalui tiga event bergensi mulai dari Japfa Ramadhan Cup, Japfa Chess Festival dan terakhir Japfa Year End Tournament. Selain event, Percasi mendukung Japfa untuk mencari bibit pecatur muda.

Japfa pada tahun 2023 semakin fokus untuk melatih dan mencari bibit pecatur muda melalui program Japfa Chess for Kids,” kata R Artsanti Alif, VP Head of Social Investment Japfa. Hingga akhir tahun 2023, Japfa Chess Club telah melatih lebih dari 368 Siswa sekolah dasar yang tersebar di seluruh Indonesia,” jelas Artsanti.B

Berkibar dengan nama Japfa Chess for Kids, pelatihan dilaksanakan setiap minggu selama kurang lebih 8 bulan. Pelatihan diberikan pecatur anggota Japfa Chess Club seperti GM Susanto Megaranto, FM Surya Wahyudi, MI Tirta Chandra dan WFM Alya Sekar Kinasih.

Terstruktur dan Terukur

Pelatihan catur dilaksanakan dengan kurikulum yang terstruktur dan terukur. Sehingga tahapan pembelajaran yang dilewati peserta mudah diukur kemajuannya. Menggunakan kurikulum yang dikembangkan JAPFA Chess Club telah berhasil mengantarkan tiga siswa untuk menjadi atlet terbaik di Provinsi Lampung dan Provinsi Gorontalo,” ujar Artsanti.

Dijelaskan salah satu dari siswa binaan, Taufik Devasya Eda sedang mengikuti Penang Heritage City International Chess Open 2023 yang berlangsung mulai 18 hingga 25 Desember 2023. Komitmen Japfa diapresiasi baik oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Menurutnya sejak menjabat pada April 2023, Japfa telah melaksanakan beberapa kompetisi catur.

“Sejak menjabat mulai April kalau tidak salah Japfa sudah tiga atau empat kali membuat kompetisi catur. Perlulah komitmen Japfa kita kasih penghargaan,” imbuhnya ketika membuka Japfa Year End Festival yang berlangsung di Wisma Karsa Pemuda Kemenpora pada Sabtu 16 Desember 2023.

Anto

Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo menyaksikan laga pembuka Japfa Year End Chess Tournament 2023 di Wisma Karsa Pemuda Kemenpora, Senayan. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *