Jay Idzes, Pemain Keturunan Terbaik Yang Bakal Memperkuat Timnas Indonesia?

JAKARTA, jurnal-idn.com – Bek tangguh yang memperkuat klub Liga Italia Serie B, Jay Idzes akan segera menjalani proses naturalisasi. Bek yang lahir di Belanda dan memiliki keturunan Indonesia dari sang kakek itu diproyeksikan bakal memperkuat tim nasional (timnas) senior Indonesia di ajang internasional.

Dengan usia yang masih sangat potensial, 23 tahun, Jay boleh dibilang memiliki ruang untuk semakin berkembang dari sisi teknis. “Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan in sya Allah akan menambah kekuatan timnas kita,” kata Erick, Rabu (6/09/2023).

Kedatangan Jay boleh dibilang berbeda dengan pemain naturalisasi lain timnas. Jay masih sedang berada di puncak karier dan permainan. Dia adalah bek utama klub yang berpeluang besar promosi ke Liga Italia Serie A musim depan. Musim lalu dia menjadi bek andalan klub papan tengah Eredivisie Belanda, Go Ahead Eagles.

Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga optimistis Jay bakal menjadi pemain dengan kualitas terbaik yang dinaturalisasi timnas Indonesia. Baik secara fisik dan catatan karier profesional, Jay memiliki keunggulan dibanding pemain lain yang pernah dinaturalisasi timnas.

“Betul-Betul Berkualitas”

“Ini membuktikan pak Erick itu kalau memilih pemain betul-betul berkualitas, tidak main-main. Dia ingin yang diambil itu kelasnya Grade A, standar utama Liga Eropa,” terang dia.

Jay memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya yang berasal dari Jakarta. Dia lahir di Belanda, di mana kedua orang tuanya tinggal dan sudah bermain sepakbola sejak usia 7 tahun. Awal karier sepakbola Jay dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo. Dia bermain selama 1,5 tahun di tim itu.

Di usia 9 tahun, Jay dilirik oleh talent scouting dari PSV Eindhoven. Dia kemudian berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Bertahan 2 tahun di klub tersebut, dia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven dan bermain di tim akademi junior.

Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Jay mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan. Dia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Pemain berusia 23 tahun itu kemudian pindah ke Liga Italia untuk bergabung dengan Venezia hingga 2027.

Anto

Ketua Umum PSSI Erick Thohir berjabat erat dengan Jay Idzes. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *