KemenKopUKM Gelar Entrepreneur Hub Maluku Tumbuhkan Wirausaha Lokal

JAKARTA, jurnal-idn.com – Melalui Entrepreneur Hub di daerah-daerah, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berharap dapat menumbuhkembangkan kewirausahaan di daerah, sekaligus membangun ekosistemnya bersama secara multipihak. Termasuk Pemerintah Daerah (Pemda), perguruan tinggi, perbankan, dunia usaha, komunitas hingga stakeholder lainnya.

Deputi Kewirausahaan KemenKopUKM Siti Azizah mengatakan, Entrepreneur Hub yang diluncurkan pada 11 Agustus 2023 diselenggarakan melalui dua skema, yakni Entrepreneur Hub sebagai program dan sebagai platform. Sebagai program, Entrepreneur Hub adalah program terpadu dan berkelanjutan yang memfasilitasi wirausaha untuk bertumbuh.

“Sedangkan sebagai platform, Entrepreneur Hub memiliki beberapa fungsi utama. Di antaranya sebagai one stop service entrepreneur yang menyediakan berbagai informasi untuk berwirausaha, mulai dari mencari ide usaha, mengelola dan mengembangkan usaha. Sehingga mempermudah seseorang untuk menjadi wirausaha,” kata Siti pada Entrepreneur Hub Maluku bertajuk “Mendongkrak Optimalisasi Pemanfaatan Digital dan Potensi Lokal untuk Bisnis yang Inovatif dan Berkelanjutan”, Sabtu (9/9/2023).

Entrepreneur Hub, juga untuk membangun ekosistem wirausaha yang ada di daerah dengan menumpu pada potensi dan kondisi kewirausahaan di daerah.

Untuk Entrepreneur Hub Maluku misalnya, dengan mempertimbangkan kondisi setempat, KemenKopUKM memutuskan untuk masuk pada tahap awal. Yaitu menumbuhkan pola pikir kewirausahaan para pelaku usaha, sehingga materi yang diusung berfokus pada bagaimana pelaku usaha agar dapat menumbuhkan usaha rintisannya dengan membangun potensi yang ada dalam dirinya.

Siti Azizah menuturkan, Entrepreneur Hub Maluku dilaksanakan mendukung penumbuhan kewirausahaan baru di kalangan generasi muda. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, saat ini 18 dari 100 pemuda menjadi wirausaha dan 69,14% merupakan pemuda yang berwirausaha mandiri.

“Hal ini tentu saja menjadi sinyal positif yang perlu terus didukung. Terutama saat Indonesia sebentar lagi menghadapi bonus demografi,” ucapnya.

Siti Azizah menyampaikan apresiasi kepada seluruh kolaborator atas dukungan yang telah diberikan. Seperti Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku bersama PLUT KUMKM Provinsi Maluku, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Ambon, Bank Indonesia Wilayah Maluku, Universitas Pattimura, Institut Agama Islam Negeri Kota Ambon, Institut Agama Kristen Kota Ambon dan beberapa pihak lainnya.

“Terus Mendukung”

“Kami berharap para kolaborator nantinya terus mendukung agenda melalui sesi-sesi workshop lanjutan serta memberikan pendampingan yang mendukung pengembangan kewirausahaan,” katanya.

Wirausaha memainkan peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Menurut data KemenKopUKM, terdapat 65,4 juta UMKM di Indonesia yang mempekerjakan 114,7 juta orang atau sekitar 56% dari seluruh tenaga kerja di Indonesia.

Wirausaha, terutama pelaku UMKM, juga menjadi penyumbang PDB terbesar, sebagaimana mengacu pada MSME Empowerment Report 2022, UMKM memberikan kontribusi lebih dari 60% terhadap PDB nasional atau sekitar 61,1% menurut data BPS.

“Wirausaha juga saat ini menjadi salah satu tumpuan utama penciptaan lapangan pekerjaan dan peningkatan pendapatan masyarakat, sekaligus menjadi jalan masuknya inovasi terbaru,” tutur Siti Azizah.

MSME Empowerment Report 2022 mencatat terdapat beberapa tantangan utama yang dihadapi pelaku usaha di Indonesia. Terutama pada level mikro, kecil dan menengah untuk menjalankan bisnis mereka. Di antaranya adalah kesulitan memasarkan produk, akses permodalan, serta kesulitan menemukan pemasok bahan baku agar usaha lebih efisien.

Menurutnya, tantangan tersebut membuat pemerintah dalam hal ini KemenKopUKM terus berinovasi merancang program. Salah satunya melalui Program Entrepreneur Hub. Dia berharap Entrepreneur Hub di Maluku dapat menjadi salah satu kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh para peserta untuk menggali dan berbagi pengalaman serta keahlian merintis usaha.

“Silahkan terlibat aktif dalam diskusi serta saling belajar dan saling menginspirasi satu sama lain. Karena untuk hal itulah Entrepreneur Hub dibangun,” ucapnya.

Erwin Tambunan

“Silahkan terlibat aktif dalam diskusi serta saling belajar dan saling menginspirasi satu sama lain. Karena untuk hal itulah Entrepreneur Hub dibangun,” ucapnya. Foto:KemenKopUKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *