Kodim 1710/Mimika Gelar Program Analisa Deradikalisasi, Dari Tim Analis Sdirpit Pusterad

TIMIKA, jurnal-idn.com – Kodim 1710/Mimika gelar Program Analis Deradikalisasi Tingkat Kodim atas fasilitasi Tim Analis Sdirpit Pusterad, bertempat di Pendopo Darmawangsa Kodim 1710/Mimika, Kabupaten Mimika, pada Rabu (21/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi mengatakan tujuan kegiatan Analisa Deradikalisasi merupakan satu program yang bertujuan menetralkan pemikiran-pemikiran bagi mereka yang sudah terpapar dengan radikalisme.

“Untuk menetralkan paham-paham radikal perlu pendekatan interdisipliner, seperti hukum, psikologi, agama, pendidikan dan sosial budaya, sehingga mereka bisa kembali menjadi masyarakat biasa sebagaimana masyarakat lainnya. Berkaitan dengan itu, dalam rangka mencegah dan menangkal paham radikal atau deradikalisasi perlu evaluasi, masukan dan saran dari para responden sekalian, melalui kegiatan sosialisasi dan analisa ini,” jelasnya.

“Untuk itu saya berharap agar bapak ibu (responden) ikut berperan aktif memberikan masukan sehingga dapat menjadikan bahan evaluasi dan pertimbangan bagi TNI guna menentukan kebijakan kedepan,” pungkas Dandim.

Berperan Aktif

Sementara itu, Ketua Tim Pusterad Kolonel Inf Athobari, S.I.P mengatakan, bahwa Satkowil berperan aktif mengatasi segala bentuk ancaman aksi terorisme serta paham radikal. Yaitu dengan melaksanakan kegiatan deradikalisasi yang terdiri dari pendataan dan pembinaan terhadap narapidana, mantan napi aksi teroris, kelompok yang berkaitan paham radikal beserta keluarganya.

“Untuk itu Pusterad selaku pembina tehnis perlu mendapat saran dan masukan dari berbagai komponen bangsa tentang pelaksanaan program deradikalisasi ini. Saran dan masukan itu nantinya akan dianalisa guna mendapatkan kesimpulan tentang program deradikalisasi atau cegah tangkal radikalisme,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Instansi Pemerintahan di antaranya MUI Kabupaten Mimika, Kesbangpol, FKUB Kabupaten Mimika, Dishub, Disnaker, Disdukcapil dan Pol PP Kabupaten Mimika serta Perwakilan Polres Mimika.

Pen Kodim 1710/Mimika – Kalpin Sitepu

Ketua Tim Pusterad Kolonel Inf Athobari, S.I.P: Satkowil berperan aktif mengatasi segala bentuk ancaman aksi terorisme serta paham radikal. Foto: Pen Kodim 1710/Mimika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *