The hottest news from everywhere for everyone!

Koramil 1710-03/Kuala Kencana Bekali Wawasan Kebangsaan ke Siswa SD YPPK St. Yakobus

TIMIKA, jurnal-idn.com – Dalam rangka menanamkan cinta tanah air kepada generasi penerus guna meningkatkan wawasan, khususnya keikutsertaan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak dini, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1710-03/Kuala Kencana Koptu Alfaris Kumiyu berkoordinasi dengan guru untuk pembekalan materi Wawasan Kebangsaan ke siswa-siswi SD YPPK ST. Yakobus di Kampung Iwaka, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Sabtu (20/1/2024).

Koptu Kumiyu menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan memberikan bekal dan kemampuan awal siswa-siswi agar diperoleh peningkatan kecintaan terhadap tanah air serta rasa bela negara yang kokoh sejak dini. Sehingga diharapkan kelak anak-anak itu dapat menghadapi tantangan terhadap pihak-pihak yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. “Terlebih pada era digitalisasi yang berlangsung, mereka harus benar-benar disiapkan dengan baik mulai dari sekarang,” ucapnya.

Babinsa mengatakan bahwa nilai-nilai bangsa pada Pancasila tersebut harus ada ketika dihadapkan dengan perbedaan. Mereka harus tahu seperti mendahulukan kepentingan umum, rela berkorban, optimisme, pantang menyerah, gotong-royong dan nasionalisme. Menurutnya, nilai-nilai bangsa Indonesia ini harus dipahami sebagai wawasan kebangsaan. Pancasila sebagai falsafah Indonesia yang menyatu secara utuh menjadi jiwa bangsa Indonesia. Dan nilai-nilainya mengkristal dalam Pancasila, sebagai nilai ke-Indonesiaan serta sekaligus pendorong cita-cita Proklamasi.

“Generasi muda, harus berada di garda terdepan menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Di mana keutuhan bangsa akan tergantung dari para generasi mudanya untuk turut serta menjaga dan mewariskan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila,” pungkasnya.

Pen Kodim 1710/Mimika – Enda Suranta

Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Koptu Alfaris Kumiyu membekali siswa-siswi materi Wawasan Kebangsaan. Foto: Pen Kodim 1710/Mimika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *