The hottest news from everywhere for everyone!

Mengenang Budaya ‘Ngerires’ Meski Jauh Dari Batukarang

JAKARTA, jurnal-idn.com – Kabupaten Karo, Sumatera Utara memang tidak menyimpan keistimewaan bagi Indonesia. Hanya daerah sejuk bertanah subur ini dikenal dengan hasil pertanian, selain buah jeruknya yang taste-nya tidak hanya manis belaka. Ada rasa kesegaran saat mengkonsumsinya.

Ada pula budaya yang tersimpan di setiap desa lingkup kecamatan Kabupaten Karo. Kita sebut saja budaya Desa Batukarang di Kecamatan Payung. Batukarang harus diakui populer dengan budayanya Ngerires atau memasak Lemang setiap tahun. Desa-desa lainnya dengan bahasa umum disebut pesta Kerja Tahun.

Pada tahun ini Ngerires juga dilakukan Arisan Merga Silima Perumnas III Kota Bekasi, tepat pada tanggal yang sama, yakni 27 Januari 2024 yang dilakukan masyarakat Batukarang. Walau hanya dua anggota berasal dari daerah itu, tidak mendiskreditkan daerah itu untuk menyelenggarakan Ngerires bagi Arisan Merga Silima Perumnas III Kota Bekasi.

Kaum ibu melibatkan diri untuk mengaduk bahannya yang terbuat dari beras ketan putih, santan serta bubuk merica. Rires dimatangkan dengan wadah Bambu khusus. Itulah fenomena yang tidak dilupakan Arisan Merga Silima Perumnas III Kota Bekasi. Nun jauh dari Desa Batukarang, tetapi budayanya tetap tidak terlupakan.

NAS

Mempersiapkan rires atau lemang ke wadah bambu untuk selanjutnya dimatangkan dengan api menyala. Foto: AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *