The hottest news from everywhere for everyone!

Menparekraf Apresiasi Agenda Hiu Selatan Hard Enduro 2024 di Cilacap

JAKARTA, jurnal-idn.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno mengapresiasi acara Hiu Selatan Indonesia atas semangat dan kolaborasinya bersama World Enduro Super Series (WESS) menghadirkan event balap motor trail bertajuk “Hiu Selatan Hard Enduro 2024” seri ke-6 yang berlangsung pada 5 hingga 7 Juli 2024 di Cilacap, Jawa Tengah.

Menparekraf Sandiaga pada “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024), menyambut baik event sport tourism yang menggabungkan pemandangan alam di kawasan Teluk Penyu, Cilacap yang luar biasa dengan rute menantang sesuai standar internasional. Menurut dia hal ini tentu memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para rider.

“Kami harapkan dengan event ini dapat membangkitkan ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Cilacap,” kata Menparekraf Sandiaga.

Event balap motor trail seri ke-6 mengusung tema “The World’s Most Entertaining Hard Enduro”. Kehadiran event ini diproyeksi dapat menarik 5.250 peserta dari 23 negara di antaranya Spanyol, Meksiko, Kanada, Andora, Afrika Selatan, Republik Ceko, Bulgaria, Jerman, Iran, Mongolia, UK, Italia, Austria, Philipina, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Prancis, Srilanka, Singapura, Vietnam, Australia dan Turki.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, mengatakan event Hiu Selatan Hard Enduro 2024 sangat spektakuler dan menjadi salah satu event yang ikonik di Kabupaten Cilacap.

“Jadi kami betul-betul sangat mengapresiasi dan berterima kasih. Karena Cilacap begitu menciptakan event langsung spektakuler. Bayangkan wisatawan mancanegara dapat, wisatawan nusantara dapat, bahkan UMKM juga bisa tumbuh luar biasa dari event ini. Saya harapkan event ini suatu saat bisa masuk Kharisma Event Nusantara,” kata Vinsensius.

Tiga Kategori

Project Manager Hiu Selatan Indonesia, Agung Sulistyo, menjelaskan terdapat tiga katergori yang akan dilombakan dalam Hiu Selatan Hard Enduro 2024 yakni kelas internasional, kelas nasional dan fun advantures. Untuk kelas internasional terdiri dari dua tipe kelas yaitu kelas pro diikuti 120 peserta yang sebelumnya pernah mengikuti Hard Enduro World Series Championship dan non pro diikuti 70 peserta.

Sementara untuk kelas nasional, di mana para peserta yang masuk kategori ini telah mengikuti kejuaraan nasional. Total peserta pada kelas nasional sebanyak 20 orang. Dan untuk kelas fun advantures pesertanya terkonfirmasi 4.252 orang dan angka ini masih akan bertambah.

“Mengenai kejuaraan yang kami kompetisikan itu ada tiga kategori. Pertama penyelenggaraannya pada 5 Juli di Teluk Penyu dengan Downtown Prologue. Kemudian High Climb atau yang kita sebut Raja Tanjakan Indonesia. Dan long enduro serta short enduro. Lalu ditutup dengan pesta rakyat,” ujar Agung.

Managing Director Hiu Selatan Indonesia, Diah Ayu Satiarini, menambahkan selama penyelenggaraan Hiu Selatan Hard Enduro 2024 memang memberikan dampak yang luas untuk perputaran ekonomi mulai dari percetakan, penginapan, kuliner, hingga destinasi wisata di sekitar Kabupaten Cilacap.

“Perputaran ekonomi di seri sebelumnya dalam sepekan bisa mencapai angka hampir Rp10 miliar untuk hanya di daerah Cilacap saja,” papar Diah.

Dengan kehadiran Hiu Selatan Hard Enduro 2024, Diah mengatakan pihaknya ingin menciptakan peluang ekonomi pariwisata di daerah selatan, khususnya Cilacap. “Dan Hiu Selatan Hard Enduro, kami insyaAllah tahun depan masuk ke listing. Kami mendapatkan kontrak untuk tiga tahun penyelenggaraan FIM Hard Enduro World Championship,” tukas Diah.

Namo Fitzgerald

“Kami harapkan dengan event ini dapat membangkitkan ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Cilacap,” kata Menparekraf Sandiaga. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *