The hottest news from everywhere for everyone!

Menparekraf Dukung Regar Lestarikan Musik Melayu Lewat “Urban Melayu”

JAKARTA, jurnal-idn.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno mengapresiasi upaya musisi Regar untuk melestarikan musik Melayu dengan memperkenalkan genre “Urban Melayu”.

Dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2024), Menparekraf mengungkapkan apa yang dilakukan musisi asal Sumatera Utara bernama lengkap Halim Arafat Siregar berkolaborasi dengan label Wiken Musik yang didirikan oleh musisi Sandy Canester ini patut mendapat apresiasi. Karena kehadiran “Urban Melayu” diyakini mampu menarik perhatian generasi muda untuk menikmati dan melestarikan musik Melayu.

“Regar ini adalah anak muda penggagas genre musik Urban Melayu yang patut kita apresiasi,” kata Sandiaga.

Sandy Canester, pemilik label Wiken Musik, menambahkan Urban Melayu sebenarnya adalah genre musik yang dia cetuskan bersama Regar sebagai bentuk keresahan mereka akan minat generasi muda terhadap musik Melayu yang begitu rendah. “Kami pikir musik Melayu sebagai akar-akar budaya kita ini bisa relate dengan kondisi sekarang, bisa diterima oleh anak muda sekarang,” ujar Sandy.

Tidak Kalah Menarik

Regar menambahkan, menurutnya, musik Melayu itu tidak kalah menarik dengan genre-genre musik lain yang diminati generasi muda. “Jadi cara saya mengenalkan musik Melayu ke anak muda itu adalah dengan mengemas lagu-lagu tersebut dengan sound yang modern,” tandas Regar.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini, mengungkapkan hasil kreativitas anak muda seperti Regar ini patut diamplifikasi dan dipromosikan ke pasaran. Sehingga tidak hanya mengembangkan potensi ekraf musik Melayu saja, namun juga melestarikan kearifan tradisi dan budaya lokal.

“Kami menyambut baik sekali kehadiran Urban Melayu, karena Melayu merupakan salah satu basis budaya yang perlu kita dukung dan kita angkat sebagai bagian dari ekonomi kreatif yang berbasis tradisi,” tutur Made.

Namo Fitzgerald

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi upaya Regar (tengah) yang berkolaborasi dengan Sandy Canester (kiri) untuk melestarikan musik Melayu dengan memperkenalkan genre “Urban Melayu” pada The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *