The hottest news from everywhere for everyone!

Menparekraf: UMKM Parekraf Bone Bolango Wajib Perkuat Inovasi dan Kolaborasi

BONE BOLANGO, jurnal-idn.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno, mendorong komunitas pelaku UMKM parekraf di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, untuk memperkuat inovasi, adaptasi dan kolaborasi untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerahnya.

Pada Diskusi Bareng Komunitas (Di Batas) di Belle Li Nou Gladys, Desa Molotabu, Minggu (23/6/2024), Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, komunitas khususnya pelaku parekraf berperan penting membangun satu destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif. “Komunitas inilah yang merekatkan kita karena 97% dari pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Ini yang harus kita dorong agar peran mereka terus meningkat,” kata Sandiaga.

Oleh karena itu, Menparekraf Sandiaga berpesan agar komunitas pelaku parekraf di Bone Bolango terus memperkuat inovasi, adaptasi dan kolaborasi untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi.

“Kita Beri Perhatian”

“UMKM harus terus kita beri perhatian dengan semangat 3si, inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Jadi jangan itu-itu saja produknya jangan desainnya yang sama seperti yang tahun lalu tapi harus berubah terus, harus berinovasi. Tapi tidak cukup dari inovasi, harus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan jangan pernah berhenti kolaborasi,” terangnya.

Sandiaga optimistis melalui penguatan inovasi, adaptasi dan kolaborasi antar komunitas di Bone Bolango maka akan bisa mengembangkan dan meningkatkan potensi-potensi wisata yang ada di Bone Bolango. “Selain itu destinasi juga harus dikelola dengan baik serta bisa menghadirkan beberapa kegiatan dan disiapkan juga kegiatan MICE, terutama yang tematik berkaitan dengan UMKM dan pengelolaan wisata yang berkelanjutan,” ujar Sandiaga.

Selain berdiskusi dengan para peserta, Menparekraf Sandiaga yang didampingi Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Komang Ayu Astiti, juga ikut serta meramaikan sesi memasak makanan khas Gorontalo, Binte Biluhuta, serta berbelanja sejumlah produk UMKM setempat.

Namo Fitzgerald

Menparekraf Sandiaga Uno meramaikan sesi memasak makanan khas Gorontalo, yaitu Binte Biluhuta pada Diskusi Bareng Komunitas di Desa Molotabu, Bone Bolango, Minggu (23/6/2024). Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *