The hottest news from everywhere for everyone!

Menuju Olimpiade Paris 2024, NOC Indonesia Perkuat Sinergi Dengan Prancis

JAKARTA, jurnal-idn.com – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) terus berupaya menguatkan diplomasi olahraga internasional, khususnya dalam rangka persiapan menuju Olimpiade 2024 Paris.

Hal tersebut ditunjukkan melalui undangan jamuan makan malam oleh Duta Besar Prancis untuk Indonesia, H.E Fabien Laurent Robert Panone dengan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari pada Senin (6/11/2023) malam. Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas perkembangan olahraga dan persiapan Paris sebagai tuan rumah pesta olahraga empat tahunan paling prestisius di dunia ini.

“Saya berterima kasih atas jamuan makan malam dan ini adalah momen penting dengan diskusi substantif terkait perkembangan olahraga, termasuk persiapan Olimpiade Paris yang dijelaskan langsung oleh Duta Besar H.E. Fabien. Tentu ini adalah awal untuk langkah-langkah yang dapat kita jajaki selanjutnya,” kata Okto, sapaan Raja Sapta Oktohari.

Okto hadir didampingi Wakil Ketua Umum Ismail Ning, Komite Eksekutif Harry Warganegara dan Josephine Tampubolon, Wakil Sekjen NOC Indonesia Daniel Loy serta perwakilan cabang olahraga, yaitu Ketua PB PRSI Anindya Bakrie, Bendahara PB Perpani Irawadi Hanafi serta Sekretaris Jenderal PBTI Brigadir Jenderal Robert Ndona.

Sementara itu, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, H.E. Fabien, juga mengapresiasi kehadiran NOC Indonesia yang bersedia hadir dalam jamuan makan malam. Dia menilai Prancis dan Indonesia memiliki hubungan diplomatik yang kuat dan berpotensi untuk dikembangkan ke depannya.

“Menantikan Kerjasama”

“Indonesia adalah salah satu negara penting bagi pemerintah Prancis, dan kami menantikan kerjasama berkelanjutan. Dalam diskusi tadi, kita sama-sama saling tahu prioritas masing-masing dan apa yang menjadi fokus untuk olahraga Indonesia, tentu kita dapat melihat peluang kerja sama lebih lanjut, dan olahraga adalah hal penting. Kami pun bersedia untuk terlibat dalam perkembangan persiapan antar-federasi olahraga,” jelas Fabien.

Paris 2024 akan menjadi edisi Olimpiade ke-33 sejak Olimpiade modern diperkenalkan pada tahun 1896. Ini merupakan kali ketiga negara yang memiliki ikon ‘Menara Eiffel’ ini menjadi tuan rumah Olimpiade, setelah sebelumnya pada tahun 1900 dan 1924.

Tim Indonesia saat ini telah mengamankan empat tiket Olimpiade Paris dari cabang olahraga panahan (2 tiket), gimnastik (1) dan sport climbing (1). Merah Putih masih berpeluang menambah wakil yang lolos karena kualifikasi Olimpiade masih berlangsung hingga pertengahan tahun depan.

Anto

Duta Besar Prancis untuk Indonesia, H.E Fabien Laurent Robert Panone menerima cenderamata dari Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *