The hottest news from everywhere for everyone!

Merchandise Piala Dunia U-17 Diproduksi UMKM, Geliatkan Perekonomian Rakyat

JAKARTA, jurnal-idn.com – Apparel lokal bermerek Juara dipercaya menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U-17 2023. Semua souvenir yang dijual berasal dari 95% bahan baku yang dibuat di Indonesia. Juara yang diproduksi PT PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai mitra produksi.

Sebanyak 53 jenis merchandise siap dijual ke masyarakat luas pada awal November 2023. Souvenir yang terdiri dari T-Shirt, jersey, jaket, topi, sendal dan lain-lain dibanderol mulai dari Rp75.000 hingga Rp899.000.

“Kami melibatkan UMKM dalam urusan produksi merchandise mengontrolnya secara langsung. Kualitas produk jadi hal terpenting buat kami, karena FIFA punya standar tinggi soal itu. Kami ingin masyarakat bisa memiliki cenderamata Piala Dunia U-17 yang bisa tahan lama, bisa dipakai buat jangka waktu lama setelah event akbar berakhir. Merchandise merupakan barang kenangan, sifatnya collectible items, kami perhatikan kualitas produk yang dipasarkan,” ungkap CEO Juaraga, Mochtar Sarman pada Jumat (20/10/2023).

UMKM yang dilibatkan berasal dari berbagai kota, hingga kini intens menggeber produksi. Juaraga ingin memastikan kuantitas merchandise mencukupi kebutuhan penikmat sepakbola yang ingin memiliki kenang-kenangan turnamen akbar yang diikuti 24 negara tersebut.

“Saat Piala Dunia U-17 nanti, pembeli cenderamata tidak hanya dari masyarakat Indonesia, tapi juga wisatawan asing yang datang untuk mendukung tim kesayangannya. Ketersediaan stok kami perhatikan benar. Proses produksi sedang berlangsung, pada akhir Oktober kami berharap semua barang sudah ready buat dipasarkan. Pada awal November 2023 barang-barang produksi kami sudah bisa dibeli khalayak luas,” kata Muchtar.

Juara berkolaborasi dengan PSSI/Local Organizer Committee PD U-17 untuk memasarkan pernak-pernik Piala Dunia U-17. Nantinya, merchandise tidak hanya dijual di outlet Juaraga (FX, Sarinah dan 18 toko Electronic City) atau situs resmi mereka tapi juga di area stadion yang menjadi venue turnamen. Secara khusus akan ada outlet khusus merchandise di Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Manahan (Solo).

“Outlet merchandise kami tempatkan di area sekitar stadion yang mudah diakses masyarakat. Kolaborasi dengan Juara yang menjadi patner resmi FIFA dalam urusan merchandise kami harapkan bisa menghidupkan geliat perekonomian rakyat, mengingat barang produksi mereka berasal dari banyak UMKM. Kehadiran merchandise akan menjadi sisi lain memeriahkan penyelenggaraan turnamen,” tutur Marsal Masita, Head of Marketing LOC Piala Dunia U-17 2023.

Dengan Membeli

Pihak LOC berharap masyakat mengapresiasi keterlibatan Juaraga sebagai mitra FIFA dengan membeli pernak-pernik asli Piala Dunia U-17.

“Barang-barang Juaraga diproduksi dengan support banyak UMKM, dengan membeli merchandise asli secara otomatis kita memberi dukungan kepada UMKM. Merchandise yang diproduksi hasil karya anak bangsa. Menjadi kebanggan kita bersama barang-barang merchandise made in Indonesia bisa hadir di turnamen kelas dunia,“ ucap Marsal.

Tak bisa dimungkiri, sulit untuk mencegah kehadiran barang replika di pasaran luas. “Pasti akan banyak merchandise tiruan beredar, tidak bisa dicegah. Yang kami lakukan memproduksi barang dengan kualitas terbaik. Harga jual mungkin lebih mahal dibanding barang imitasi, tapi saya pastikan bahwa pernak-pernik asli Piala Dunia U-17 yang dibeli akan jadi kenangan berharga,” tukas Mochtar.

Lebih dari 95% bahan baku dan produk-produk ini berasal dan dibuat di Indonesia, dengan melibatkan UMKM sebagai mitra produksi. Sedangkan sisanya yang harus diimpor berupa komponen-komponen yang memastikan keaslian dan lisensi FIFA, berupa hologram dan material material eksklusif lainnya.

Kebanggaan dirasakan pihak Juaraga, bisa terlibat dalam Piala Dunia U-17 2023 yang merupakan event sepakbola level elite pertama Indonesia. “Satu kebanggaan buat kami bisa terlibat dalam event bersejarah ini. Bersama PSSI kami berharap event ini bisa terselenggara dengan lancar tanpa hambatan. Indonesia akan dikenang sebagai negara yang sukses sebagai tuan rumah,” papar Mochar.

Piala Dunia U-17 2023 dihelat 10 November-2 Desember. Timnas Indonesia U-17 bakal ber-homebase di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Bertengger di Grup A, Tim Merah-Putih akan bersaing bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Duel puncak turnamen ini akan dihelat di Solo.

Anto

Salah satu produk merchandise yang dihasilkan PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) yang dipercaya menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *