Oleh-oleh Khas Nusantara Kini Ada di ‘Vending Machine’ Terminal 3 Soetta

JAKARTA, jurnal-idn.com – Habis bepergian, tetapi lupa beli oleh-oleh kini bukan lagi jadi masalah. PLN berkolaborasi dengan Angkasa Pura (AP) II sediakan oleh-oleh khas nusantara lewat ‘vending machine” Terminal 3 Kedatangan Domestik Bandara Soekarno Hatta. Kehadiran vending machine ini tidak hanya jadi solusi untuk para pelancong, tetapi juga memberikan kesempatan kepada pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualannya.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran saat peresmian vending machine mengatakan bahwa terdapat 16 produk makanan ringan khas nusantara yang dijual di ‘vending machine’ ini. Di mana 11 di antaranya merupakan UMKM Binaan PLN dan 5 lainnya merupakan UMKM Binaan AP II.

“Sebelas produk unggulan UMKM Binaan PLN ini telah diseleksi dari 479 UMKM Binaan PLN UID Jakarta Raya yang tergabung di Hub UMK Jakarta Raya,” jelas Lasiran dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/2/2024).

Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga, pada kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa kegiatan ini didasari semangat antar BUMN untuk berkolaborasi untuk pengembangan UMKM. “Kehadiran ‘vending machine’ ini membantu para UMKM untuk memasarkan produknya secara lebih masif dan luas. Apalagi lokasi ini sangat strategis, banyak orang habis bepergian dari mana-mana lewat sini,” ujar Arya.

Kembang Goyang

Beberapa makanan ringan oleh-oleh khas nusantara yang dijual pada vending machine ini di antaranya kembang goyang, biji ketapang, rendang sapi, brownis kering, stik tahu, kentang mustofa, hingga spikuk.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran menambahkan bahwa produk UMKM Binaan PLN yang dijual di vending machine telah lolos kurasi produk unggulan dari Hub UMK Jakarta Raya.

“Produk yang dijual ini sudah mendapat pendampingan dan pelatihan terkait ‘packaging’ tersertifikasi halal, tersertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tersertifikasi PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) dan juga HAKI. Jadi aman sekali buat dikonsumsi,” tambah Lasiran.

Ke depannya PLN berkomitmen untuk menambah ‘vending machine’ lainnya di lokasi-lokasi yang strategis sebagai bentuk dukungan bagi UMKM untuk memperluas pasar, meningkatkan omset serta mengembangkan perekonomian Indonesia.

Anto

Saat peresmian vending machine yang menyediakan 16 produk makanan ringan khas nusantara di Terminal 3 Kedatangan Domestik Bandara Soekarno Hatta. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *