The hottest news from everywhere for everyone!

Pengurus Keuskupan TNI-Polri Gelar Ziarah Rohani Sekaligus Napak Tilas Sejarah

JAKARTA, jurnal-idn.com – Pengurus Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI-Polri atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI) menggelar Ziarah Rohani sekaligus Napak Tilas menelusuri sejarah OCI ke wilayah Jawa Tengah selama tiga hari dua malam, berangkat Jumat (15/2/2023) pagi dari Gereja Katolik St. Agustinus Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur dan kembali ke Jakarta, Minggu (17/12/2023) malam.

Menurut Wakil Uskup OCI, Romo Kolonel Sus. Yos M.M. Bintoro, Pr., Ziarah Rohani yang dipimpinnya itu untuk menghidupi inspirasi iman agar boleh menjadi bagian dari perjalanan sejarah pelayanan Keuskupan Militer. “Sekaligus melawan lupa atas saksi sejarah dan meneruskan estafet tanggung jawab sejarah menghadirkan simbolik 100% Katolik dan 100% Patriotik. Semoga menjadi berkat untuk pelayanan OCI,” terang Romo Yos.

Rombongan pengurus OCI yang mengikuti Ziarah Rohani terdiri dari, Romo Kolonel Sus. Yos M.M. Bintoro, Pr (Mabesau), Kolonel Dwi Basuki (RSPAD), Kolonel Condro Nugroho (RSPAD), Kombes Pol. Ucok Silalahi (Mabes Polri), Kolonel Inf. Tri Jono (Kemhan RI), Kolonel Laut (P) Redemptus Suryoko (Kemhan RI), Letkol Laut (KH) Ignatius M. Pundjung (Mabesal) dan PNS Purbiantoro (Mabesau).

Ziarah Rohani sekaligus Napak Tilas menelusuri sejarah OCI agar dapat menjadi spirit pelayanan dan iman, dimulai dari makam Alm. Romo Kanjeng Mgr. Albertus Soegijapranata, S.J.(25 November 1896 – 22 Juli 1963) yang berada di Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang, Jawa Tengah.

Makam Uskup Militer Pertama Indonesia yang mendapat gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah itu berada di areal tersendiri yang cukup luas dan tertata asri dengan dilengkapi bangunan Pendopo untuk menyenggarakan misa ataupun doa bersama. Soegijapranata menjadi Vicaris Militer Indonesia sejak 25 Desember 1949 hingga 22 Juli 1963.

Usai dari situ, ziarah dilanjutkan ke makam Uskup Militer Kedua Indonenesia, Alm. Romo Kanjeng Mgr. Justinus Kardinal Darmojuwono, Pr (2 November 1914 – 3 Februari 1994) yang berada di pemakaman Kerkop Muntilan, Jawa Tengah. Darmojuwono menjadi Vicaris Militer Indonesia atau Uskup ABRI sejak 8 Juli 1964 hingga 31 Desember 1983. Di pemakaman yang sama juga terdapat makam para Tokoh Katolik di antaranya Romo Richardus Kardis Sandjaja dan Romo Van Lith.

Bersilaturahmi

Rombongan Ziarah Rohani para Pengurus OCI itu juga berkesempatan bersilaturahmi dengan Romo Kanjeng Julius Riyadi Kardinal Darmaatmadja, S.J di Wisma Girisonta Ungaran, Jawa Tengah. Kardinal Julius menjadi Uskup Militer/TNI sejak 28 April 1984 hingga 2 Januari 2006. Kedatangan rombongan OCI disambut hangat dengan penuh syukur dan suka cita oleh Uskup Militer Ketiga Indonesia yang pada 20 Desember 2023 genap berusia 89 tahun.

Dalam perjumpaan itu, Romo Kardinal Julius Riyadi Kardinal Darmaatmadja menceritakan berbagai pengalamannya selama menjadi Uskup Militer baik suka maupun duka. Selain itu beliau juga menyampaikan wejangan kepada para Pengurus OCI agar tetap semangat memberikan pelayanan Umat Katolik di Lingkungan TNI dan Polri. Juga mengucapkan terima kasih atas pelayanan yang telah diberikan guna kemajuan OCI. Kegiatan dilanjutkan Ziarah ke Pemakaman Pastor dan Uskup Jesuit Girisonta.

Ziarah Rohani juga dilaksanakan ke Gua Maria Sendangsono dengan mengadakan misa yang dipimpin Wakil Uskup OCI, Romo Kolonel Sus Yos M.M Bintoro, Pr. Kemudian dilanjutkan ziarah ke Gereja Katolik Ganjuran, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilengkapi Candi Hati Kudus Tuhan Yesus. Kemudian ke Pertapaan Bunda Pemersatu Gedono yang merupakan biara para rubiah dari Trapis Ordo (OCSO) di Desa Jetak, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa tengah. Perayaan Ekaristi hari Minggu (Adven ketiga) dilaksanakan di Pendopo Puri Brata Bantul dipimpin Romo Yos.

Kegiatan lain yang dilaksanakan padda kesempatan Ziarah Rohani kali ini adalah tatap muka dengan 34 Siswa SMA Taruna Nusantara beragama Katolik, dipimpin Kepala Sekolah Mayjen TNI (Purn) V. Tono Suratman, S.Ip di ruang pertemuan Gereja Katolik St. Mikael Panca Arga Magelang, Jawa Tengah. Selain itu juga berkunjung ke Seminari Mertoyudan yang merupakan tempat cikal bakal berdirinya Polri dan ke Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner yang menyimpan jejak sejarah agama Katolik di Jawa Tengah.

Nara Melissa

Pengurus OCI Ziarah Rohani sekaligus Napak Tilas ke wilayah Jawa Tengah saat diterima Romo Kardinal Julius Riyadi Kardinal Darmaatmadja (kedua dari kiri). Foto: NM.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *