The hottest news from everywhere for everyone!

Perkuat Pelayanan, LPDB-KUMKM Tetapkan Core Values BerAkhlak

JAKARTA, jurnal-idn.com – Peningkatan pelayanan dan integritas lembaga merupakan bagian penting bagi Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) untuk terus tumbuh dan memberikan pelayanan pinjaman atau pembiayaan koperasi di seluruh Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan LPDB-KUMKM adalah menetapkan core values (BerAkhlak) yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif yang sudah menjadi bagian Nilai-nilai Dasar Kementerian dan Lembaga pemerintah pusat maupun daerah.

Dengan tagline “Bangga Melayani Bangsa” core values penting bagi LPDB-KUMKM untuk menjadi budaya kerja bagi para insan LPDB-KUMKM. “Kita mempunyai satu fokus Indeks Kinerja Utama (IKU) yang sudah diterapkan sejak tiga tahun lalu dan sudah fokus dan menjadi culture bekerja berdasarkan kinerja prestasi dengan akhlak,” kata Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo.

Supomo meyakini, dengan adanya core values ini, maka seluruh insan LPDB-KUMKM akan semakin fokus dan bisa memberikan pelayanan yang prima guna mendukung sektor koperasi.

“Saya sangat membuka diri untuk diskusi terkait kinerja secara langsung dan membuat LPDB-KUMKM semakin dinamis transformasi-nya dan kinerjanya, karena ada unsur Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif,” ujar Supomo.

Ditambahkan bahwa program internalisasi core values BerAKHLAK merupakan bagian dari komitmen bersama untuk meningkatkan budaya kerja yang positif dan membangun organisasi yang bertanggung jawab. “Yang saat ini menjadi penting bagi kita semua adalah membuat LPDB-KUMKM semakin berlayar, semakin maju dan berkembang lebih baik,” ungkap Supomo.

Implementasi Core Values

Langkah-langkah konkrit telah dirancang untuk melaksanakan program ini melalui berbagai tahapan. “Dimulai dengan sosialisasi kepada seluruh elemen LPDB-KUMKM untuk membangun pemahaman tentang budaya kerja BerAKHLAK dan membangun komitmen bersama untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik,” tegas Supomo.

Selanjutnya, melakukan survei untuk mengetahui sejauh mana perilaku BerAKHLAK diimplementasikan dalam budaya organisasi saat ini. Kemudian, membangun pemahaman dan kesadaran para Direksi dan Kepala Divisi tentang pentingnya transformasi kepemimpinan dengan meningkatkan kerjasama, sinergi dan kolaborasi.

“Membentuk agen perubahan yang diharapkan dapat menjadi role model atau duta perubahan budaya kerja. Melakukan pengawasan implementasi budaya kerja menggunakan aplikasi. Terakhir memastikan core values BerAKHLAK terinternalisasi pada seluruh pegawai LPDB-KUMKM.”

Adapun kegiatan kick-off core values BerAKHLAK ini merupakan langkah awal dalam perjalanan untuk membangun budaya organisasi yang kuat dan bertanggung jawab.

“Dengan komitmen dan kerjasama dari seluruh elemen LPDB-KUMKM, diharapkan tujuan ini dapat tercapai guna memperkuat budaya kerja yang bertanggung jawab dan beretika, sebagai pondasi bagi kemajuan organisasi.” pungkas Supomo.

Erwin Tambunan

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo (tengah) bersama direksinya saat Kick Off Core Value BerAHLAK. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *