Pesta Gol ke Gawang Kanada, Mali Melenggang ke 16 Besar

SURABAYA, jurnal-idn.com – Kanada kembali gagal memetik kemenangan di Piala Dunia U-17 2023. Mereka dipaksa takluk 1-5 dari Mali pada laga terakhir Grup B di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (16/11/2023).

Lima gol Mali dicetak Ibrahim Diarra (14’) Mahamoud Barry (26’), Ibrahim Kanate (73’), Hamidou Makalou (77’) dan Ousmane Thiero (90+1’). Satu gol balasan Kanada sempat muncul lewat Richard Chukwu (45’).

Hasil itu jadi kekalahan ketiga mereka di Grup B. Artinya, Kanada selalu menelan kekalahan. Sebelum ditekuk Mali, Kanada lebih dulu menuai kekalahan saat melawan Spanyol dan Uzbekistan. Pelatih Kanada Andrew Olivieri mengungkapkan kekecewaan atas hasil pertandingan ini. Namun, dia tetap memberi apresiasi untuk anak asuhnya yang mau terus berjuang sampai menit akhir.

“Saya pikir turnamen ini secara keseluruhan menyakitkan. Karena tidak mampu meraih kemenangan, kami tidak bisa melaju ke babak berikutnya. Namun kami terus berjuang dan terus berusaha hingga akhir,” kata Olivieri.

“Penting bagi mereka untuk menunjukkan semangat dan keberanian saat melakukannya. Maksud saya, itulah titik awalnya. Saya bilang ke mereka di luar sana, itu pondasinya. Kemudian semuanya harus tumbuh dari sana. Kita harus mengembangkannya. Dan saya pikir malam ini adalah pertarungan terbanyak yang mereka tunjukkan,” ucapnya.

Dipastikan Gagal

Kanada jadi tim pertama yang dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar. Mereka telah melakoni tiga pertandingan tanpa kemenangan dan tentu saja tanpa poin di Grup B.

Di sisi lain, Mali berstatus sebagai runner-up Grup B di bawah Spanyol. Mali mengemas enam poin, sedangkan Spanyol punya tujuh angka. Dua tim ini dipastikan lolos ke babak 16 besar.

“Kami bisa mendapatkan tiga poin. Kami sangat senang dengan hasil ini. Sekarang hari ini sangat baik. Cuacanya sempat panas, sebelum pertandingan hujan. Saya melihat laga berikutnya akan lebih baik,” ucap Soumaila Coulibaly, pelatih Mali.

Status runner-up Grup B membuat Mali akan kembali bertanding di Stadion GBT pada babak 16 besar pada 21 November 2023. Mereka akan berjumpa dengan runner-up Grup F.

Anto

Pemain Mali menghadang laju dribel atlet Kanada yang berujung kekalahan 1-5. Mali pun melaju ke 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *