The hottest news from everywhere for everyone!

PLN Mobile Proliga 2024: Selangkah Lagi LavAni ke Grandfinal, Usai Kalahkan Bank Sumsel

SURABAYA, jurnal-idn.com – Juara bertahan tim putra Jakarta LavAni Allobank Electric tinggal selangkah lagi melaju ke partai puncak PLN Mobil Proliga 2024 usai menutup laga putaran final four seri pertama, dengan mengalahkan Palembang Bank SumselBabel di GOR Bung Tomo Surabaya, Minggu (7/7/2024).

Pada akhir laga tersebut, tim milik Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menang dengan skor 3-0 (25-11, 34-32, 25-17) atas Bank SumselBabel. Ini merupakan kemenangan ketiga tim asuhan Nicolas Vives dari tiga laga di seri pertama ini. Sebelumnya, LavAni sudah memenangkan laga melawan Jakarta Bhayangkara Presisi dan Jakarta BIN masing-masing dengan skor 3-0 da 3-1.

Dengan tiga kemenangan yang sudah diraih, Dio Zulkifli dkk. tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk mengamankan lolos ke grandfinal Proliga musim ini. Sebagai juara putaran pertama final four, LavAni berhak menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp60 juta. Sebelumnya, LavAni juga menjuarai putaran kedua babak reguler.

Pertemuan LavAni dengan Bank SumselBabel merupakan laga penentuan tim terbaik putaran pertama final four karena kedua tim sama-sama mengantongi dua kemenangan.

Pelatih LavAni Nicholas Vives memainkan Oreol Camejo Durruthy yang pada dua laga sebelumnya duduk di bangku cadangan. Dia bergabung dengan Renan Buiatti, Boy Arnez, Hendra Kurniawan, Malizi dan Dio Zulkifli sebagai setter.

LavAni sudah menyulitkan Bank SumselBabel sejak awal set pertama melalui servis yang membuat lawan tidak bisa mengembangkan permainan. Ditambah blok yang rapat, LavAni melaju cepat dan unggul jauh 25-11.

Mulai Membaik

Permainan Bank SumselBabel mulai membaik pada set kedua. Penerimaan bola servis bagus sehingga strategi serangan melalui Mohamed Al Hachdadi, Armin Ashfin Far dan Sigit Ardian bisa dijalankan.

Perebutan angka dari kedua tim berjalan ketat hingga skor imbang 24-24. Pertandingan makin seru karena LavAni dan Bank SumselBabel saling bergantian menciptakan set poin. Namun, deuce panjang itu akhirnya dimenangkan LavAni 34-32 melalui poin blok.

Awal set ketiga sempat terhenti sekitar 10 menit saat skor 3-3 karena ada protes dari kubu Bank SumselBabel atas keputusan wasit yang merugikan mereka. Ketika laga dilanjutkan, LavAni mengulang penampilannya pada set pertama dengan menekan lawan yang banyak melakukan error. LavAni akhirnya menang 25-17 dan memastikan gelar juara putaran pertama final four.

“Meskipun malam ini bisa menang 3-0, tetapi kami tidak berpuas diri. Masih ada kelemahan yang harus kami benahi untuk menghadapi putaran kedua di Semarang,” kata pemain Jakarta LavAni, Boy Arnez usai laga dan bersama rekannya Renan Buiatti menjadi motor serangan LavAni dengan sama-sama membukukan 16 angka, ditambah Oreol Camejo dengan 12 angka.

Asisten pelatih LavAni, Samsul Jais mengatakan timnya melakukan rotasi sejumlah pemain saat menghadapi Bank SumselBabel sebagai bagian dari strategi.
“Babak empat besar tidak hanya membutuhkan taktik dan fisik yang bagus, tetapi mental juga harus siap. Malam ini kami bermain bagus seperti yang dilakukan saat latihan,” lanjutnya.

Robet

Upaya spike Renan dari Jakarta LavAni Allobank Electric digagalkan pemain lawan Palembang Bank SumselBabel, namun LavAni memenangkan kontestasi itu. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *