The hottest news from everywhere for everyone!

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Resmi PM Xanana Gusmao di Istana Bogor

BOGOR, jurnal-idn.com – Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor-Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat, 26 Januari 2024. PM Xanana Gusmao beserta delegasi tiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.00 WIB, diiringi pasukan Nusantara, pasukan berkuda dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai disambut Presiden Jokowi, prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali. Setelah itu, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan, dilanjutkan dengan menyaksikan parade pasukan yang melintas di hadapan keduanya.

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Indonesia untuk Timor-Leste Okto Dorinus Manik dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Sementara itu, delegasi Timor-Leste yang hadir yakni Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Bendito dos Santos Freitas, Menteri Transportasi dan Komunikasi Miguel Marques Goncalves Manetelu, Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Gastao Francisco de Sousa, Sekretaris Negara untuk Komunikasi Sosial Expedito Dias Ximenes, Kepala Staf Perdana Menteri Elizabeth Gouveia Leite Exposto, Duta Besar Timor-Leste untuk Indonesia Agostinho Simao Barreto, Ketua Konsultasi Pejabat Senior Timor-Leste Roberto Sarmento de Oliveira Soares dan Dirjen Hubungan Bilateral Asia Oseania Marcos dos Reis da Costa.

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Xanana Gusmao untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai, Istana Bogor. Presiden Jokowi dan PM Xanana Gusmao kemudian menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum melakukan penanaman pohon Merawan (Hopea odorata) bersama.

Pertemuan Bilateral

Kedua pemimpin kemudian mengadakan pertemuan bilateral di Ruang Oval. Dalam sambutan pembukanya, Presiden Jokowi merasa senang dapat bertemu kembali dengan PM Xanana Gusmao dan meyakini kunjungan tersebut makin meningkatkan hubungan kedua negara.

“Kunjungan ini menunjukkan makin kokohnya hubungan kedua negara kita, Indonesia dan Timor-Leste,” ujar Presiden Jokowi.

Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara kedua negara, yaitu nota kesepahaman dalam bidang pengembangan infrastruktur dan nota kesepahaman bidang komunikasi dan informatika.

Selepas itu, kedua pemimpin kemudian menyampaikan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian penyambutan resmi ini pun diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan bagi PM Xanana Gusmao di Ruang Garuda.

FIA

Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Republik Demokratik Timor-Leste, Kay Rala Xanana Gusmao melewati barisan penyambutan di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat, 26 Januari 2024. Foto: Setpres/Vico.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *