The hottest news from everywhere for everyone!

Presiden Jokowi Umumkan Indonesia Resmi Jadi Anggota Penuh FATF

JAKARTA, jurnal-idn.com – Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Indonesia telah resmi menjadi anggota penuh Financial Action Task Force (FATF) ke-40. Status keanggotaan tersebut telah diputuskan oleh pihak FATF pada 27 Oktober 2023 lalu di Paris, Prancis.

“Hari ini saya ingin menyampaikan sebuah kabar baik bahwa dari hasil perundingan di Paris akhir Oktober kemarin alhamdulillah Indonesia diterima secara aklamasi sebagai anggota tetap ke-40 Financial Action Task Force (FATF),” ucap Presiden Jokowi di Istana Negara pada Senin, 6 November 2023.

Kepala Negara menuturkan bahwa keanggotaan itu penting untuk meningkatkan persepsi positif terhadap sistem keuangan Indonesia. “Yang akhirnya akan berdampak pada meningkatnya confidence dan trust Indonesia di sisi bisnis dan iklim investasi,” tutur Kepala Negara.

Kerjakeras dan Komitmennya

Presiden Jokowi pun menyampaikan terima kasih atas seluruh pihak atas kerjakeras dan komitmennya mewujudkan keanggotaan tersebut.

“Saya juga menyampaikan terima kasih pada Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, serta pemangku kepentingan kunci lainnya atas kerjakeras dan komitmennya sehingga hal ini bisa terwujud,” ucapnya.

Presiden berharap keanggotaan Indonesia dalam FATF mampu mencegah terjadinya kasus pencucian uang dan pendanaan terorisme di Indonesia. “Kita harapkan ini akan menjadi langkah awal menuju tata kelola rezim anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme Indonesia yang lebih baik,” ujar Presiden.

FIA

Presiden Joko Widodo mengumumkan Indonesia resmi anggota penuh Financial Action Task Force (FATF) ke-40. Foto: Rusman, Setpres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *