The hottest news from everywhere for everyone!

Program Naturalisasi Merambah ke Timnas Putri

JAKARTA, jurnal-idn.com – Pelatih Kepala Tim Nasional (Timnas) Putri Indonesia, Satoru Mochizuki membenarkan pihaknya berencana akan mengikuti timnas putra memanfaatkan program naturalisasi untuk timnya.

Pelatih asal Jepang ini menyebut, rencana ini masih dipikirkan. “Ya saya sedang berpikir ke sana,” ujar Mochizuki usai memimpin latihan tim di Lapangan B kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Hanya saja, pelatih kelahiran 18 Mei 1964 ini belum dapat menjelaskan detail rencana program naturalisasi di Timnas Putri. Dia menyebut membutuhkan waktu untuk memantau para pemain sebelum melakukan pemanggilan.

“Untuk saat ini saya akan melihat dan memantau bagaimana para pemain tersebut. Ada kemungkinan mereka dipanggil, tapi saat ini saya belum meninjau langsung,” kata pelatih yang akrab disapa Coach Mochi itu.

Rencana naturalisasi ini mendapatkan tanggapan positif dari salah satu penggawa Garuda Pertiwi, Claudia Scheunemann. Penyerang (striker) muda ini menyebut, para pemain dapat belajar dari para pemain naturalisasi, saling bertukar pengalaman.

“Bagus rencana begitu, jadi pemain-pemain kita bisa belajar dari pemain-pemain yang main di luar. Jadi kita bisa saling bantu gitu, dapat experience (pengalaman) dari mereka terus kasih ilmu juga ke kita,” ucap Claudia usai berlatih bersama tim.

Matang Pengalaman

Menurut Claudia, permainan bisa lebih baik dengan penambahan pemain yang matang pengalaman, terutama di level kompetisi dunia. “Jadi kita mainnya bisa lebih kompak lagi dan semoga sepakbola wanita Indonesia bisa lebih maju,” ujar gadis berusia 15 tahun itu menambahkan.

Timnas Putri Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan jelang laga persahabatan atau Women’s International Friendly Maytch melawan Singapura. Partai ini dijadwalkan pada Selasa (28/5/2024) di Stadion Madya, Senayan, mulai pukul 18.30 WIB.

Pertandingan ini akan mejadi laga perdana Garuda Pertiwi di bawah asuhan Satoru Mochizuki. Pelatih berusia 60 tahun itu baru mengambilalih bangku kepelatihan Timnas Putri sejak diperkenalkan oleh PSSI secara resmi pada Selasa (20/2/2024).

Anto

Pelatih Kepala Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki (Jepang) menjelaskan programnya ke wartawan. Foto: Humas.

Artikel ini sudah terbit di govnews-idn.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *