Resmikan Revitalisasi TMII, Presiden Yakini TMII Jadi Ikon Besar Pariwisata Jakarta

JAKARTA, jurnal-idn.com – Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di TMII Archipelago, Jakarta, pada Jumat malam, 1 September 2023. Revitalisasi tersebut dimulai sejak Januari 2022 dengan menelan anggaran lebih dari Rp1 triliun.

“Alhamdulillah revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah yang dilakukan sejak Januari tahun lalu, tahun 2022, pada hari ini telah selesai yang menelan anggaran–tadi sudah disampaikan oleh Pak Menteri Erick Thohir–Rp1 triliun 70 miliar plus 200 miliar dari PT InJourney,” ujar Presiden.

Setelah direvitalisasi, ungkap Presiden, masyarakat bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru Taman Mini Indonesia Indah yang tertata rapi, lebih hijau, lebih indah dan lebih nyaman. Revitalisasi TMII sekaligus mengembalikan konsepnya seperti pada rencana awal pembangunannya, yakni didominasi ruang terbuka hijau.

“Kalau siang mestinya Taman Mini Indonesia Indah sekarang ini bisa lebih sejuk karena konsepnya telah dikembalikan seperti pada masterplan awalnya, yaitu 70% ruang terbuka hijau dan 30% bangunan,” jelasnya.

Selain itu, seluruh bangunan museum dan anjungan daerah juga telah dipercantik dan direvitalisasi dengan mengusung konsep inclusive, culture dan smart. Kepala Negara pun meyakini bahwa setelah direvitalisasi TMII akan menjadi salah satu daya tarik utama pariwisata di ibu kota maupun di Indonesia.

“Wajah Baru”

“Saya yakin dengan wajah baru Taman Mini Indonesia Indah ini akan menjadi satu ikon besar pariwisata di Jakarta dan juga tentu saja di Indonesia,” tandasnya.

Setelah seremoni peresmian selesai, Presiden Jokowi beserta seluruh undangan yang hadir disuguhi atraksi air mancur menari (dancing fountain) bertajuk “Tirta Cerita”. Pertunjukan menampilkan penggalan kisah yang diadaptasi dari dongeng, mitos dan legenda Nusantara yang sudah dikenal sejak dahulu kala.

Pertunjukan dimulai dengan “Petualangan Si Kancil”, Yuyu Kangkang dari cerita “Ande Ande Lumut”, dayang-dayang dari cerita “Roro Jonggrang”, “Bawang Putih dan Bawang Merah”, “Buto Ijo dan Timun Mas”, “Malin Kundang”, hingga berakhir pada legenda “Keong Mas”.

Turut hadir antara lain Ibu Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

FIA

Seorang pengunjung meminta Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara untuk berfoto selfie. Foto: Muchlis Jr, Setpres.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *