Surabaya Siapkan Keamanan dan Kenyamanan Penonton Saksikan Pembukaan PD U17

SURABAYA, jurnal-idn.com – Ajang Piala Dunia U-17 kian dekat. Turnamen internasional kelompok usia itu bakal dibuka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 10 November 2023. Pelaksana daerah Kota Pahlawan itu siapkan keamanan dan kenyamanan penonton untuk menyaksikan acara pembukaan dan jalannya turnamen yang akan berlangsung hingga 2 Desember itu.

Rencananya, sebanyak 3.393 personel gabungan TNI dan Polri dilibatkan untuk mengamankan Piala Dunia U-17 2023 di Kota Pahlawan. Mereka diterjunkan untuk menjaga sejumlah lokasi penting selama turnamen akbar itu berlangsung.

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Puji Santosa, mengatakan para personel pengamanan Piala Dunia U-17 di Surabaya tergabung dalam PAM Operasi Aman Bacuya (Badak Cula Cahaya) 2023. Para personel mulai melaksanakan operasi per hari Rabu, 1 November.

“Tim-tim kontestan mulai berdatangan. Kami mulai fokus bekerja untuk mengamankan mereka, juga bersiap untuk acara pembukaan nanti,” kata Puji Santosa di Surabaya, Jatim, Jumat (3/11/2023).

Puji menyebutkan tugas personel itu sudah dibagi untuk mengamankan Piala Dunia U-17 2023. Titik pertama PAM di Bandara, lalu PAM rute dan PAM akomodasi di hotel. “Untuk pola pengamanan nanti, karena akan dihadiri oleh Presiden nanti koordinasi dengan TNI dengan pola zona ring satu, dua dan tiga,” ujarnya.

“Kemudian juga PAM di lokasi latihan di Lapangan Thor, Lapangan Tambaksari (Gelora 10 November), kemudian di lapangan ABC GBT. Kami juga fokus di lokasi rawan terjadinya gangguan baik di tempat warga berkumpul,” imbuh Puji Santoso.

Ekstra Ketat

Pengamanan ekstra ketat perlu dilakukan mengingat Presiden RI, Joko Widodo dan Presiden FIFA, Gianni Infantino, didampingi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bakal hadir pada laga Timnas Indonesia vs Ekuador di GBT bertepatan dengan Hari Pahlawan. Acara opening ceremony melibatkan artis-artis lokal papan atas.

Gebyar Piala Dunia U-17 2023 memang terasa sangat kuat di Surabaya, mengingat Timnas Indonesia U-17 akan berlaga di kota ini. Mereka akan bersaing di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Selain itu, GBT juga akan menjadi venue dua pertandingan pada 16 besar pada 21 November 2023.

Selain itu, agar penonton nyaman membanjiri setiap pertandingan Piala Dunia U-17 di Surabaya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya telah menyiapkan sebanyak 110 armada shuttle bus. Pembatasan kendaraan pribadi menuju GBT selama turnamen berlangsung diantisipasi pemerintah kota dengan angkutan gratis menuju stadion di kawasan Surabaya Barat itu.

Kepala Dishub Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru, menyebutkan shuttle bus yang disiapkan akan disebar di enam titik pemberhentian. Enam titik keberangkatan shuttle bus itu adalah Balai Kota, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Terminal Tambak Osowilangun (TOW), Terminal Benowo, tempat pengujian kendaraan bermotor Tandes dan Ciputra World.

Anto

Kombes Pol Puji Santosa, menjanjikan kenyamanan untuk pembukaan dan event Piala Dunia U-17 di Surabaya. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *