Tata Steel Asian Junior Chess Championship 2023, MI Gilbert Elroy Tarigan Lawan Ayush Sharma

JAMSHEDPUR, jurnal-idn.com – Pecatur Indonesia MI Gilbert Elroy Tarigan (2.370) yang sudah meraih 4,5 poin akan hadapi pecatur tuan rumah FM Ayush Sharma (2.371) pada babak kedelapan turnamen Tata Steel Asian Junior Chess Championship 2023 di Jamshedpur, Jharkhand, India.

Memasuki babak ke 8 hari ini, Kamis (14/9/2023) Gilbert Elroy Tarigan berada di urutan 12 dari 55 peserta Tata Steel Asian Junior Chess Championship 2023. Sebelumnya di babak ke-5, Gilbert takluk dari unggulan pertama pemain Rusia IM Grebnev Aleksey (2.466).

“Sebetulnya saya bisa menahan remis, tapi saya lengah jadi salah langkah,” ujarnya, seusai pertandingan.

Beruntung sore harinya, di babak 6, dia berhasil memetik poin mengalahkan IM Harshavardhan dari Inggris (2.397). Namun keesokan harinya, di babak 7 pada pertandingan panjang, Gilbert harus mengakui keunggulan pecatur tuan rumah lainnya FM Aswath S (2.335) yang kini berada di posisi ke-3.

“Jarang Sekali”

Bagi Gilbert, turnamen yang diikutinya kali ini adalah turnamen yang penuh tantangan. Pemain asal India yang dihadapinya, rata-rata tangguh dan memiliki sikap pantang menyerah. “Jarang sekali saya dapat turnamen seperti ini yang betul-betul harus berpikir keras setiap hari,” ujarnya.

Tapi dia bersyukur, karena banyak pembelajaran yang didapat. “Tidak hanya opening, middle game-nya juga seru. Intinya jangan sampai kehilangan fokus,” tambahnya.

Di bagian putri, rekan senegaranya Samantha Editsho, baru mengumpulkan point 3 poin, agak tertinggal jauh karena berada di posisi 35 dari total 52 peserta. Harapan Samantha tersisa di Blitz Turnamen yang berlangsung besok setelah babak 9 berakhir.

Urry Kartopati – Enda Suranta

Gilbert Elroy Tarigan (2.370) bertemu pecatur tuan rumah India, FM Ayush Sharma (2.371) pada babak ke-8. Foto: UK.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *