The hottest news from everywhere for everyone!

Transformasi Digital Penyaluran Dana Bergulir, LPDB-KUMKM Luncurkan Aplikasi eLPDB

JAKARTA, jurnal-idn.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) terus berinovasi untuk memperkuat perannya mendukung sektor koperasi di Indonesia. Dengan komitmen memudahkan akses ke dana bergulir bagi koperasi, LPDB-KUMKM meluncurkan aplikasi mobile eLPDB.

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo menjelaskan, aplikasi mobile eLPDB yang dirancang untuk menjadi sarana penghubung inovatif antara LPDB-KUMKM, calon mitra dan mitra yang bertujuan mendorong transformasi digital di bidang pembiayaan.

“Ini adalah bagian dari upaya kami untuk terus menjalani transformasi digital yang bertujuan memberikan layanan yang lebih efisien dan transparan. Selain itu ini upaya kami lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, karena saat ini penggunaan mobile device sudah sangat dominan,” kata Supomo.

Supomo menjelaskan aplikasi mobile eLPDB menyediakan fasilitas yang memungkinkan penyampaian informasi yang aman, akurat, real time dan andal. Menurutnya hal ini sebagai langkah krusial guna mendukung penyaluran atau pembiayaan dana bergulir kepada koperasi.

“Melalui eLPDB, terbentuk sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien. Ini akan memperlancar transaksi dan layanan antara LPDB-KUMKM dengan mitra atau calon mitra kami. Kami ingin memastikan bahwa koperasi di Indonesia dapat merasakan manfaatnya,” terang Supomo.

Adapun aplikasi eLPDB dapat diunduh dan digunakan oleh mitra atau yang berencana untuk menjadi mitra LPDB-KUMKM. Aplikasi ini memudahkan pemantauan atau tracking status proposal pinjaman atau pembiayaan dana bergulir yang diajukan oleh mitra maupun calon mitra.

Dari sisi teknis, pengguna aplikasi eLPDB cukup menggunakan akun yang terdaftar pada e-proposal untuk proses login pada aplikasi eLPDB sesuai dengan username dan password calon mitra dan mitra yang sudah terdaftar pada aplikasi e-proposal (https://eproposal.lpdb.id/) dengan menggunakan One-Time Password (OTP) yang akan terkirim kepada nomor PIC yang telah didaftarkan. Hal itu dilakukan sebagai upaya pengamanan atau cyber security dari akun milik mitra ataupun calon mitra.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha Jarot Wahyu Wibowo menambahkan dari sisi transformasi digital LPDB-KUMKM telah melalukan serangkaian transformasi digital yang memberikan kemudahan, fleksibilitas dan akuntabilitas bisnis proses penyaluran dana bergulir.

“Transformasi digital dan juga inovasi terus kami jalankan dan tingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang terus masif berkembang, LPDB-KUMKM akan terus memberikan kemudahan kemudahan bagi para mitra maupun calon mitra yang akan mengajukan pembiayaan dana bergulir,” tutur Jarot.

Adapun, transformasi digital yang telah dilakukan oleh LPDB-KUMKM di antaranya e-proposal yang memberikan kemudahan kepada mitra ataupun calon mitra melakukan proses pengajuan proposal pembiayaan atau pinjaman kepada LPDB-KUMKM.

Kemudian, cash management system dan online disbursement system atau proses transaksi cashless dan online untuk seluruh pembayaran pelaksanaan penyaluran dana bergulir dan belanja barang. Selain itu, Geodinas yang merupakan aplikasi pemantauan perjalanan dinas LPDB-KUMKM secara digital melalui geotagging dan efisien atau paperless.

Selanjutnya ada aplikasi Ridi atau Room of Incubation Development Over Internet (RiDi) yang merupakan aplikasi program Inkubator Wirausaha LPDB-KUMKM. “LPDB-KUMKM terus berkomitmen mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia dan eLPDB adalah salah satu langkah konkret mewujudkan hal itu,” pungkas Supomo.

Erwin Tambunan

Aplikasi mobile eLPDB untuk mempermudah akses ke dana bergulir bagi koperasi. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *