UNWTO Ajak Media Asing Jelajahi Desa Wisata Nglanggeran

YOGYAKARTA, jurnal-idn.com – United Nation World Tourism Organization (UNWTO) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar media trip ke Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta selama empat hari dari 12-15 Desember 2023.

Media trip UNWTO ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran (awareness) peran sektor pariwisata guna mempromosikan pembangunan pedesaan rural development sekaligus mempromosikan program UNWTO Best Tourism Village (BTV) Initiative.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf, Florida Pardosi mengatakan media trip UNWTO ini akan membawa nama baik Indonesia di mata dunia. “Sebagai satu-satunya negara di kawasan Asia Pasifik yang dipilih UNWTO sebagai lokasi media trip tahun 2023, sudah sepatutnya kita bangga dengan pencapaian ini. Momentum ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mempromosikan tidak hanya Desa Wisata Nglanggeran, tetapi juga Indonesia ke dunia internasional,” kata Florida , Jumat (15/12/2023).

UNWTO yang diwakili Senior Project Specialist dari UNWTO Tourism for Rural Development Programme, Maulita Sari Hani, membawa 5 media sebagai peserta. Yakni TTG Asia (Asia reach), DestinAsian, The Philippine Star, The Korea Times dan South China Morning Post.

Menginap di Homestay

Selama di Nglanggeran, para peserta media trip menginap di homestay dan melakukan beberapa aktivitas. Seperti membuat anyaman janur, bermain gamelan, kendurian, treking ke Gunung Purba, menikmati sunset di embung, mengunjungi pertanian durian dan coklat serta berkunjung ke griya cokelat dan griya spa.

Maulita menjelaskan bahwa UNWTO memilih Desa Wisata Nglanggeran karena menganggap penerapan pariwisata berbasis masyarakat atau community-based tourism di desa ini sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari inisiatif-inisiatif kegiatan yang banyak diusulkan dan dieksekusi oleh pengelola dan pemerintah desa bottom-up yang didukung secara nyata oleh stakeholder pariwisata, termasuk pemerintah.

Namo Fitzgerald

Para peserta media trip UNWTO usai mencoba sensasi treking Gunung Purba di kawasan Nglanggeran, Yogyakarta. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *