Menparekraf: ARTJOG 2024 Perkaya Khazanah Ekonomi Kreatif Indonesia

YOGYAKARTA, jurnal-idn.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan festival seni kontemporer ARTJOG 2024 yang berlangsung dari 28 Juni hingga 1 September 2024.

ARTJOG 2024 diadakan di Jogja National Museum, mengusung tema “Motif: Ramalan, ARTJOG 2024” dan merupakan salah satu event yang masuk Karisma Event Nusantara (KEN 2024) Kemenparekraf.

“Ini merupakan salah satu event yang masuk KEN dan ini adalah event kualitas tingkat dunia. Jadi saya ucapkan selamat untuk seluruh tim dari ARTJOG,” kata Menparekraf Sandiaga, Sabtu 20/7/2024).

ARTJOG 2024 menampilkan karya-karya dari 48 seniman dewasa individu maupun kelompok dari dalam dan luar negeri serta 36 seniman anak dan remaja.

Menprekraf Sandiaga terpukau dengan karya-karya seni juga instalasi yang dihadirkan dalam ARTJOG 2024. Dia mengatakan, karya-karya dari para seniman memiliki pesan dan nilai yang sangat relevan.

“Saya sangat terpukau dengan instalasi-instalasi karya-karyanya, ada karya yang menunjukkan bahwa setiap jalan yang terang belum tentu membawa kita menuju ke depan, tetapi kita harus perhatikan sisi-sisi gelap dari satu kehidupan. Saya berharap ini bisa menambah khazanah ekonomi kreatif kita terutama dari nilai tambahnya dan pesan-pesan yang disampaikan,” harap Sandiaga.

Menjadi Showcase

Dikatakan bahwa ARTJOG 2024 juga dapat menjadi showcase tentang pelaksanaan event seni di berbagai daerah tanah air. Terutama di Destinasi Pariwisata Super Prioritas, agar memiliki satu event yang dilaksanakan dalam waktu cukup panjang sehingga dapat menambah opsi wisatawan untuk datang ke satu destinasi.

“Jadi bukan hanya melihat dan menikmati alam, pemberian budaya tapi juga menghargai karya-karya seni. Jadi silakan berkunjung ke ARTJOG dan temukan karya-karya seni terbaik,” ujar Sandiaga.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Brigjen TNI Ario Prawiseso, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Agustin Perangin-Angin serta Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf Frans Handoko.

Namo Fitzgerald

Menparekraf Sandiaga S. Uno meninjau produk seni saat berkunjung ke ARTJOG 2024 di Jogja National Museum, (Sabtu 20/7/2024). Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *