The hottest news from everywhere for everyone!

Tim Nasional Banyak PR Jelang Piala Asia 2023

JAKARTA, jurnal-idn.com – Tim Nasional atau Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Libya dengan skor 1-2 di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turkiye (Turki), Jumat (5/1/2024) pada laga uji coba yang kedua untuk kedua tim.

Pelatih Shin Tae-yong (Korea Selatan) melakukan perubahan starting XI. Ernando Ari Sutaryadi dimainkan, termasuk Jordi Amat, Justin Hubner, Ivar Jenner dan Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan yang turun sejak awal. Elkan Baggott yang absen di uji coba pertama turut dimainkan. Selain itu, Rizky Ridho, Yakob Sayuri, Pratama Arhan dan Rafael Struick.

Tiga menit laga berjalan, Indonesia mendapat ancaman. Beruntung bola tendangan bebas Ahmed Ekrawa diblok Ernando Ari Sutaryadi. Timnas Indonesia unggul lebih dahulu lewat gol menit keenam. Umpan tarik Ivar Jenner tidak bisa dijangkau Witan, namun kemudian dimaksimalkan Yakob Sayuri dan menjadi gol.

Namun, tiga menit berselang Libya menyamakan kedudukan. Bola sepakan Osama Elsharimi sempat mengenai kaki Elkan Baggott dan tiang gawang sebelum masuk.

Indonesia berbalik tertinggal setelah Libya mencetak gol kedua pada menit ke-20. Bola umpan Rizky Ridho ke kiper Ernando diambil Ahmed Ekrawa. Ekrawa mengecoh Ernando sebelum melepaskan sepakan yang membuat bola ke gawang.

Timnas Indonesia mencoba lagi. Pasukan Garuda tetap tidak bisa mencetak gol, pun Libya hingga babak pertama berakhir. Indonesia kembali diancam Ahmed Ekrawa pada menit ke-52. Peluang didapat Indonesia menit 60, namun bola sepakan Marselino Ferdinan memaksimalkan umpan Yakob Sayuri jauh dari sasaran. Marselino Ferdinan kembali gagal menit ke-64.

Pergantian dilakukan Shin Tae-yong menit ke-76. Egy Maulana Vikri, Ramadhan Sananta, Sandy Walsh, Ricky Kambuaya masuk. Menyusul kemudian Saddil Ramdani yang menggantikan Yakob Sayuri menit ke-80.

Pada menit ke-88, peluang kembali didapat Indonesia. Bola sepakan Justin Hubner diblok kiper Libya Murad Alwuheeshi. Sedangkan bola sepakan Ramadhan Sananta tidak menghasilkan gol menit ke-90+2. Gol tetap tidak bisa dibuat. Skor 2-1 untuk keunggulan Libya menutup pertandingan.

Menuju Piala Asia

Uji coba ini bagian persiapan Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023. Satu uji coba lagi akan dijalani Garuda di Qatar, yakni melawan Iran pada 9 Januari 2024.

Seusai Pertandingan Yakob Sayuri mengakui timnya masih banyak kelemahannya dan harus di perbaiki jelang Piala Asia Nanti. “Secara permainan timnas masih banyak kelemahannya dan harus diperbaiki,” ujarnya.

Pelatih Shin Tae-yong menyebut timnya sudah ada perbaikan. “Memang selama di Turki kami sudah latihan fisik. Kami latihan taktik sebentar satu hari jelang pertandingan. Laga melawan Libya merupakan antisipasi untuk pertandingan melawan Irak. Di luar skor, saya lumayan puas karena semua pemain sudah bekerja keras,” kata Shin Tae-yong setelah pertandingan.

Hasil ini pun memperpanjang tren buruk Timnas Indonesia ketika bersua Libya. Pada pertemuan pertama tahun ini, tim Merah Putih kalah 0-4 dari tim peringkat ke-120 FIFA tersebut.

Timnas Indonesia akan bertolak ke Qatar untuk menjalani laga uji coba ketiga melawan Iran, 9 Januari 2024. Namun, pertandingan ini akan berlangsung tertutup.

Setelahnya Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan pertama Grup D Piala Asia melawan Irak, 15 Januari mendatang. Timnas Indonesia kemudian akan melawan Vietnam (19/1/2024) dan Jepang (24/5/2024).

Anto

Yakob Sayuri yang pencetak gol Timnas ketika bertemu Libya. Foto: Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *